Bootlop Tablet Vitell X1

Beberapa waktu yang lalu, istri saya membelikan tablet yang murah meriah untuk anaknya. Tablet ini mempunyai merk VITELL X1 dengan harga 850 ribu. Dengan harga segitu sudah mendapatkan OS Ice Sandwith yang 4.0.4. Anehnya setelah saya cek di web http://www.vitellmobile.com ternyata vitell tidak mempunyai produk tablet (apa saya yang kurang teliti ndak tau juga). Tablet vitell X1 ini diinstall segudang game (maklum hp buat anak) alhasil sering panas dan hang. Untuk mengatasinya saya coba memakai tweak mulai dari penmbahan di directory init.d sampai edit build.prop dan terakhir edit vold.fstab untuk menambah memori internal.


Edit terakhir ini membawa malapetaka karena setelah restart tablet mengalami bootlop (tablet hanya keluar logo aja ndak bisa masuk menu). Celakanya lagi saya lupa naruh file backup vold.fstab (lengkap sudah). Setelah dua hari mati suri alias bootlop secara ndak sengaja bisa saya hidupkan lagi dengan langkah sebagai berikut :

  1. Sambungkan tablet vitell x1 ke laptop dengan menggunakan kabel usb biarkan mencari driver sendiri (harus online), meskipun bootlop vitell x1 bisa masuk ke menu apabila disambungkan ke laptop, anehnya ketika kabel usb dicopot, maka akan kembali bootlop.
  2. Setelah bisa masuk ke menu install aplikasi droid wifi, tujuan aplikasi ini adalah untuk melakukan copy paste vold.fstab melalui browser PC dengan mengetik http://alamatandriodanda:8888, karena tidak punya file vold.fstab saya mencari tablet yang spesifikasinya mirip vitell x1 ternyata salah satunya adalah cyrus atom pad. setelah dapat file vold.fstab tinggal copy pastekan ke clipboard dan simpan.
  3. Kemudian dari tabeltnya sendiri downlload terminal emulator dari palystore. Buka emulator ketikkan SU-->cd /etc-->cat>vold.fstab kemudian enter tahan pastekan otomatis setelah ditutup akan menyimpan file vold.fstab yang telah dicopy melalui aplikasi droid.
  4. Terakhir tinggal direstart aja....jrenggg....

Pesan : ini merupakan pengalaman saya pada tablet vitell X1 yang sulit dilakukan flashing rom baru karena setelah vold.fstab hilang maka kesulitan mount sdcard sehingga kesulitan install ulang. Kedua dimenu cwm tablet x1 tidak ditemukan format system sehingga kesulitan mount system. Segala resiko ditanggung sendiri